tyasblog

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Saturday, June 11, 2011

Kegagalan: 7 cara mengatasinya

Pernah mengalami kegagalan? Kalau pernah, bersyukurlah. Sebab, orang yang pernah mengalami kegagalan berarti pernah melalui proses untuk mencapai keberhasilan. Itu selangkah lebih maju, lho.

Saat mengalami kegagalan, biasanya kita merasakan kekecewaan yang amat sangat. Sedih berkepanjangan, dan merasa tidak ada kemampuan lagi untuk melangkah.

Itu merupakan hal yang alami.

Tetapi jangan berlama-lama berada di tahap itu.

Berikut tujuh cara untuk mengatasi kegagalan :

Terima Kenyataan

Shock atau putus asa saat mengalami kegagalan? Wajar, kok. Pada awalnya kamu seperti mengalami mimpi buruk. Tapi seiring berlalunya waktu, kamu perlahan-lahan bisa menyadari bahwa ini adalah kenyataan.

Yang harus kamu lakukan adalah menerima kenyataan. Buka matamu bahwa kegagalan adalah hal yang biasa dalam kehidupan. Pandanglah dirimu baik-baik. Kamu bukan satu-satunya orang yang pernah mengalami kegagalan.

Cari Penyebab

Tengoklah ke belakang.

Telusuri apa yang membuatmu mengalami kegagalan. Kurang hati-hatikah? Kurang telitikah? Terlalu tergesa-gesa? Atau sebab yang lain.

Dengan mengevaluasi dan memelajari penyebab kegagalan, kamu akan terhindar dari melakukan kesalahan yang sama.

Bangkit

Jangan membiarkan dirimu terlalu lama terpuruk. Berhentilah meratap dan menyesali keadaan. Segeralah bangkit.

Bagaimanapun, hidup harus terus berjalan.

Waktu tidak akan menunggu orang yang berlama-lama. Percayalah, di depan sana sudah banyak yang menunggu hasil jerih payahmu.

Susun Rencana Baru

Susun rencanamu dari awal lagi. Buatlah program-program atau rencana yang lebih terperinci.

Tentukan langkah-langkah yang akan kamu tempuh.

Jika sudah mengetahui langkah-langkah yang akan dilaksanakan, kamu akan terfokus dan tidak kehilangan arah.

Skala Prioritas

Berusaha memulai sesuatu dari awal lagi, pasti akan membuatmu bingung. Banyak hal yang harus kamu lakukan. Terkadang malah membuatmu bertanya-tanya mana yang harus kamu lakukan lebih dahulu.

Untuk mengantisipasi hal ini, buatlah skala prioritas. Dahulukan sesuatu yang penting dan utama.

Bergaul

Mengalami kegagalan pasti akan membuatmu hanya ingin mengurung diri di kamar. Tapi masa-masa itu sudah berakhir. Disaat kamu ingin bangkit kembali, jangan lagi menyendiri.

Tengoklah ke luar.

Bergaullah dengan banyak orang. Amatilah orang-orang yang sukses, lalu ambillah ilmunya.
Melihat orang-orang hebat di luar sana, apalagi yang menekuni bidang yang sama denganmu, akan membuatmu termotivasi kembali.

Jangan Menyerah

Kesuksesan tidak diraih dengan hanya sekali berjuang. Kesuksesan merupakan rangkaian usaha yang dilakukan secara terus-menerus, kerja keras, dan proses belajar yang tak kenal lelah.

Justru, jika kamu mengalami kegagalan, jalan menuju sukses sudah semakin dekat. Sekali saja kamu gagal, itu berarti selangkah lagi usahamu akan berhasil. Jadi, jangan pernah menyerah.

Semua orang, apapun profesi dan kegiatannya, setidaknya pernah mengalami satu kali kegagalan.

Sebelum ahli membuat batik, para pembatik juga mengalami proses belajar. Dalam proses itulah mereka pernah mengalami kegagalan. Namun mereka tak pernah menyerah.

Alih-alih putus asa, mereka malah semakin tekun memelajari berbagai motif. Akhirnya mereka bisa menguasai lebih dari satu motif batik.

Ketika kegagalan menghampiri, jangan takut. Yang kamu perlukan adalah energi untuk bangkit, dan bermimpi lagi untuk meraih kesuksesan. Inilah saat yang terbaik.

Ketika mimpi itu datang, jangan tertidur kembali. Bangunlah, lalu mandi air dingin, dan beraksilah untuk menggapai mimpimu.

Action!

2 Comments:

  • At 2:45 PM, Anonymous aang said…

    postingannya bagus lam kenal yaaa
    gue aang

     
  • At 1:24 PM, Blogger Dien said…

    salam ukhuwah,lam kenal kebetulan juga lagi mo nulis artikel; tentang " kegagalan "
    buat referensi

     

Post a Comment

<< Home

Terimakasih telah berkunjung di blog sederhana ini.... - Semoga bermanfaat..... ^_^