tyasblog

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Thursday, August 11, 2011

Kita Memang Berbeda

Kita berdua memang sama-sama telah mengetahui tentang hal ini. Beberapa interaksi yang pernah kita lalui semakin menyadarkan bahwa kita memang berbeda. Ya, kita memang berbeda. Dengan karakter, pola pikir sampai pada kebiasaan-kebiasaan kecil sekalipun kita memiliki perbedaan. Tak heran memang. Sebelumnya kita memang tumbuh di lingkungan yang berbeda, dengan gaya hidup yang berbeda, dan dunia yang berbeda. Semua itu membuat kita menjadi dua sosok yang berbeda karakter.

Jelas dalam ingatanku beberapa waktu ketika kita berdiskusi, selalu dan selalu ada perbedaan yang terjadi di antara kita. Kau bilang, bahwa perkara itu tak menjadi masalah bagimu. Tapi tidak denganku, menurutku hal itu adalah masalah yang harus segera dicari solusinya. Dalam diskusi yang lain, aku bilang hal itu bukan masalah, dan kau pun sebaliknya, kau justru berpikir keras bagaimana caranya menyelesaikan sesuatu yang kau anggap sebagai masalah itu.

Namun, ketika aku merenungi semua itu lebih dalam, di dunia ini pun semua orang dilahirkan tanpa ada kesamaan yang mutlak. Alangkah sepinya dunia ini jika semua orang memiliki bentuk tubuh yang sama, berpikir dengan pola pikir yang sama, memiliki lingkungan keluarga yang sama, memiliki pendapat yang sama, memiliki tingkat ekonomi yang sama, dan banyak kesamaan-kesamaan lainnya. Akan sangat membosankan jika semua orang yang hidup memiliki kesamaan mutlak seperti itu. Justru dari hal yang berbeda itulah yang membuat manusia belajar. Belajar untuk menerima dan menghargai perbedaan. Belajar untuk mengambil hikmah dari sesuatu yang berbeda yang berasal dari luar dirinya.

Mungkin hal itu jugalah yang berlaku bagi kita. Mungkin memang seperti inilah jalan yang harus kita lalui. Sekarang waktunya bagi kita untuk menyatukan segala perbedaan ini dengan sikap yang lebih dewasa dan bijaksana. Bagaimanapun kondisimu, aku harus menerimamu. Aku harus menghargai segala sesuatu yang ada pada dirimu. Engkaupun demikian. Kau harus belajar menerimaku, bagaimanapun keadaanku. Aku yakin kita bisa berusaha untuk itu. Dan semua perjuangan itu pasti tak akan sia-sia. Mungkin memang kita dipertemukan dengan segala perbedaan agar kita bisa saling melengkapi ketika hidup bersama kelak.

1 Comments:

Post a Comment

<< Home

Terimakasih telah berkunjung di blog sederhana ini.... - Semoga bermanfaat..... ^_^